Membuat Cupcake Yang Sempurna Tidak Kurang Tidak Lebih Pas Buat Semua Orang

Wednesday, March 6, 2019


Sering gagal waktu membuat cupcake, terasa datar seperti sebuah pancake? Sering bocor dari tatakan kertas yang digunakan? Ada jutaan cara yang salah dan yang harus kamu perbaiki hanya satu, cara kamu membuatnya. Membuat kue yang sempurna bukan hal yang tidak mungkin, tapi juga bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Faktanya, kesempurnaan adalah ideologi yang tidak nyata, maksud saya, seperti apa sih kue yang sempurna itu? Tapi ada hal-hal mendasar yang harus kamu patuhi dalam susunan yang benar untuk membuat tekstur cup cake yang dibuat terlihat bagus dan rasanya sesuai dengan penampilannya. Berikut telah saya kumpulkan beberapa tips untuk membuat tampilan cupcake menjadi cantik dan tentu saja lezat rasanya.

Timbangan Adalah Teman Baikmu
Ya, timbangan adalah teman yang kamu perlukan, setidaknya untuk kegiatanmu di dapur. Menimbang dengan tepat semua bahan yang dibutuhkan sebelum kamu mulai mencampurnya adalah hal yang wajib dipatuhi dan jangan pernah mencoba mengganti bahan yang tidak kamu miliki dengan yang lain. Eksperimen memang hal yang bagus, membuat kamu menjadi lebih kreatif, namun kamu perlu tahu tentang bahan yang akan dicontohkan mengganti baking powder dengan soda bicarbonate adalah satu kesalahan besar.

Mengaduk Dengan Pas
Mengaduk semua bahan terlalu lama juga sering menjadi masalah yang menyebabkan cupcake menjadi tidak layak, akan menghasilkan kue yang keras seperti batu atau bahkan dia tidak akan mengembang dengan sempurna pada bagian tengahnya. Dan jika sudah begitu, tidak akan ada yang bisa kamu lakukan selain mengganti semuanya.

Suhu Dan Waktu Yang Tepat
Sesuaikan dengan resep yang digunakan, jika resep yang kamu pilih mengharuskan kamu membakar pada suhu 220 derajat, maka kamu harus memastikan suhu pada oven yang kamu gunakan 220 derajat. Jika oven terlalu panas, maka kue yang kamu masak akan mengembang terlalu cepat khususnya pada bagian tengah dan menjadikannya tidak matang, dan jika terlalu dingin maka kamu juga tahu sendiri kue tidak akan terbakar dengan sempurna. Dan jangan lupa keluarkan kue dari oven pada waktu yang benar. Bahkan jika kamu berpikir jika kue itu terlihat belum matang, karena kue tersebut masih dalam proses pembakaran bahkan ketika dia kamu keluarkan dari oven, karena dia masih menyimpan panas yang didapatkan saat duduk di dalamnya. Jadi percayai resep yang kamu gunakan dan hasilnya sudah pasti masakan yang cantik.

Sabar Dalam Proses Pendinginan
Setelah kamu keluarkan kue dari oven pastikan kamu mengambilnya dari tatakan yang kamu gunakan dan simpan dalam rak pendingin untuk mendapatkan hembusan angin segar dari berbagai arah. Ini sangat penting, karena jika kamu masih menyimpannya dalam tatakan bisa membuat cupcake tersebut gosong dan akan sulit mengambilnya nanti kecuali dengan merusak produk yang kamu buat. Setelah benar-benar dingin baru kamu bisa menghiasnya, dan menjadikannya cantik.

No comments:

Post a Comment